25 Februari 2016

Mengapa Rate Article Placement Lebih Murah Dibanding Sponsored Post?

Pernahkah teman-teman mendapatkan tawaran kerjasama dengan pihak advertiser baik itu langsung dari brand atau melalui agency? Pasti pernah kan ya.

Nah biasanya tawaran kerjasama itu kalau nggak Article Placement ya Sponsored Post. Kalau belum tahu beda antar keduanya lebih baik baca artikel aku sebelumnya, Job Review sama Content Placement, Kembar Tapi Beda.

Aku pun juga sering mendapatkan tawaran itu. Tapi akhir-akhir ini sering mendapatkan tawaran yang Article Placement. Dimana pihak advertiser (brand/agency) telah menyiapkan artikelnya dan aku hanya diminta untuk mempublikasikannya di blog aku. Jika ingin di edit ya monggo, tapi itu tidak mempengaruhi rate.

Rate Sponsored Post

Bicara soal rate atau biaya publikasi, kalau teman-teman mengamati pasti akan memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Sponsored Post biasanya rate bisa mencapai Rp 1 Juta per post, sedangkan Article Placement hanya Rp 100 Ribuan, bahkan ada rekan blogger yang pernah mendapatkan di bawah Rp 100 Ribu.

Apakah itu salah? Tidak, itu tidak salah, jika kedua belah pihak sudah suka sama suka.

Tapi, bagi saya itu tidak adil. Why? Tak perlu aku jelaskan. hehehe.

Yang menjadi masalah saat ini adalah mengapa rate antara keduanya ini kok berbeda?

Menurut aku pribadi ada beberapa alasan yang menyebabkan rate antara keduanya berbeda.

#1 Keberadaan Artikel

Sponsored post memiliki rate yang tinggi karena kita (blogger) yang menulis artikel itu sendiri. Kita hanya diberi brief tentang artikel akan dibuat nanti. Sedangkan untuk Article Placement kita tak perlu memikirkan artikelnya karena sudah disediakan oleh pihak advertiser.

#2 Isi Artikel

Perbedaan yang mencolok juga terdapat pada isi artikelnya. Sponsored Post umumnya artikel berupa promosi atau review sebuah produk yang disajikan secara soft selling maupun hard selling. Misalnya saja ada salah satu produk smartphone yang baru rilis, lalu blogger diminta untuk membuat review tentang smartphone itu. Dan di artikel tentunya disisipi link dengan landing page ke website klien.

Sedangkan Article Placement, lebih ke titip backlink. Dari isi artikel mungkin temanya bebas. Namun di dalamnya disisipi backlink dengan text anchor kata kunci yang telah ditentukan. Misalnya saja article placement ingin titip backlink ke website perusahaan sepatu dengan kata kunci "jual sepatu murah", nanti isi artikel lebih umum seperti Tips Membeli Sepatu Murah Secara Online. Namun, isinya umum ya, tidak ada nama brand sama sekali. Cuma ya itu tadi, ada backlink dengan kata kunci yang ditentukan.

#3 Tujuannya

Sponsored post sudah jelas untuk mempromosikan sebuah brand. Dengan demikian tak heran jika di dalam artikel nanti akan disebutkan nama brand tersebut. Menyebutkan brand ini membuat rate lebih mahal. Apalagi buat blog yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

Sedangkan Article Placement mayoritas hanya untuk keperluan backlink atau optimasi SEO. Tak heran jika yang mengontak adalah dari pihak agency, mayoritas gitu.

#4 Budget Klien

Untuk sponsored post karena memang ingin beriklan secara terbuka, maka budget iklan tinggi. Blogger pun kalau memiliki blog yang bagus, rate bisa sampai jutaan per artikel. Tapi untuk article placement karena hanya untuk kebutuhan backlink SEO dan memerlukan banyak blog, maka budget dibagi-bagi.

Menurut aku itu faktor-faktor yang menyebabkan dua bentuk kerjasama blog ini memiliki rate yang berbeda.

Nah, saran aku jika nanti teman-teman blogger mendapatkan kerjasama seperti itu khususnya Article Placement yang mana di dalam artikel menyebutkan nama brand, dan mengarahkan audience ke brand tersebut, jangan sungkan untuk menawar rate article placement.

Sekarang ini era digital, keberadaan blogger sangat diperhitungkan, sehingga tak perlu sungkan untuk menawar, terlebih jika blog teman-teman memiliki kredibilitas yang bagus.

Aku rasa ini saja yang bisa aku share. Informasi ini belum tentu benar dan bisa juga benar. Karena ini hanya bersumber dari opini aku. Kalau tidak setuju dengan opini ku, silahkan komentar di bawah. :) Salam blogging.

Matur suwun,
Virmansyah


13 komentar:

  1. tengkyu artikelnya, btw kadang suka ragu ambil placement karena konten artikel gak sesuai dengan niche blog, dan khawatir pembaca saya men-cap blog saya iklan semua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di blog saya memang fokus di iklan artikel, jd y biarin saja orang bilang blog saya mayoritas iklan, karena memang fokusnya disitu. hehhehe

      Hapus
  2. Memang sih bagi sebagian blogger gak adil, tapi kalau bagi saya pribadi rate berapapun saya terima, saya ngasih ratenya seikhlasnya saja / ikut rate yang ditawarkan advertiser baik untuk iklan review, placement atpun iklan banner / tect link. yang penting bagi saya blog ada penghasilan, saya mah g mau pilih2 apalagi nolak, intinya gbisa bayar pakai uang pun bisa bayar dengan cara lain, pulsa misalnya / bisa juga bayar artikel.

    BalasHapus
  3. keren ... terima kasih atas pencerahan nya ...

    semoga blog saya juga bisa di lirik ... (ngarep dot com)

    hehehe

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu perbedaannya, saya kira sama saja hanya beda istilah.. sangat membantu bagi pemula seperti saya.
    Oh iya, gimana caranya agar bisa dapat tawaran ini bang? berdasarkan pengalaman abang saja..terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tawaran yang dari Agency/Brand sih biasanya dari pihak mereka sendiri yang menghubungi. Tapi kalau Mbak mau nyari sendiri juga bisa, tapi nyari yang bisnis-bisnis menengah bawah aja, tinggal di kontak. hehehe

      Hapus
  5. Terimakasih banyak atas pencerahannya mas. Sekarang mulai ngerti perbedaan antara kedua jenis diatas. Salam kenal dari pemula

    BalasHapus
  6. saya belum pernah mendapat job review dan placement post. mungkin karena trfik blog ku dikit ya?

    salam meduablog4you

    BalasHapus
  7. Wah mantep nih kontentnya... barusan sih ada yang mau nitip content gitu.. terus bingung dan nyari disini ketemu deh ini...
    makasih mas atas penCerahanya..

    BalasHapus
  8. akhirnya jadi tau juga, thanks

    BalasHapus
  9. Rateku sangat rendah karena ketidak tahuan saya. Saya baru tau kalau sponsored post ratenya sampai jutaan

    BalasHapus
  10. Sharing menarik mengenai dunia sponsored post dan placement content di Indonesia, jadi bisa banyak belajar dari tulisan ini. Ma kasih banyak Mas Bro buat infonya ya.

    BalasHapus
  11. sharing menarik gan... rate saya rendah sekali berarti ya... tp lumayan lah. karena blog saya juga masih kecil visitornya

    BalasHapus

Follow This Blog!